Kamis, 13 Oktober 2016

Hari Baik Untuk Pindah Rumah

Kita lanjutkan mewedhar ( membahas ) tentang HARI BAIK MENURUT PERHITUNGAN JAWA ( KEJAWEN ),pada kesempatan berikut Saya wedhar/bahas tentang "spesifikasi" Hari Baik untu melakukan "Pindahan" ( Pindah Rumah ) menurut perhitungan jawa ( Petung Kejawen ).


Menentukan hitungan hari baik untuk pindah rumah atau mendirikan bangunan memang menjadi satu keharusan dalam kepercayaan masyarakat Jawa. Di bulan-bulan tertentu dipercaya merupakan saat yang paling tepat untuk pindah rumah, baik itu membeli rumah maupun pindah kost bagi anda yang mempercayainya.

Menurut ilmu kejawen atau ilmu blabak, ada beberapa point yang patut anda perhatikan dalam mencari cara menghitung hari baik untuk pindah rumah. Untuk menentukannya, kita harus mengetahui hari dan pasaran yang akan digunakan untuk pindah, kemudian menjumlahkan neptu dihari tersebut. Untuk mengetahui neptu atau weton hari dan pasaran, silahkan lihat tabel berikut:

Hari Baik untuk Pindah Rumah


Setelah anda mengetahui jumlah dari hari dan pasaran, yang perlu diperhatikan adalah jumlah tersebut berkaitan dengan kepercayaan Jawa tentang baik tidaknya hari itu untuk pindah, yang dilambangkan dengan Guru, Ratu, Rogoh,


 
Sempoyong.

Guru artinya dihormati,digurukan,lancar rezeki, selamat dan sejahtera.
Ratu artinya berwibawa, ditakuti,disegani,banyak rejeki dan jauh dari goro-goro.
Rogoh artinya mudah dimasuki pencuri, boros,kurang bahagia dan banyak hal-hal yang kurang baik.
Sempoyong artinya tidak bertahan lama atau tidak kerasan,susah dan sering bertengkar.

Jumlah neptu : 1. Guru 5. Guru 9. Guru 13. Guru
                      2. Ratu 6. Ratu 10. Ratu
                      3. Rogoh 7. Rogoh 11. Rogoh
                      4. Sempoyong 8. Sempoyong 12. Sempoyong

Yang perlu anda perhatikan, apabila ingin mendirikan rumah atau pindah rumah, jangan menggunakan hari yang jumlahnya sama dengan Rogoh atau Sempoyong. Contoh perhitungannya adalah sebagai berikut:

Anda akan pindah rumah pada hari Senin Pahing
Senin= 4
Pahing= 9
4 + 9 = 13

Jadi Sening Pahing adalah Guru, artinya hari tersebut baik untuk anda gunakan, karena Guru memiliki makna yang baik untuk anda membangun rumah tangga dirumah baru anda nanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar