Minggu, 20 Maret 2016

Batu Akik Kembang Joar Cirebon


batu akik kembang joharSalah satu budaya di indonesia adalah mengkoleksi batu mulia atau batu akik. Kali ini kita akan membahas batu akik kembang johar atau banyak orang mengatakan mustika kembang johar.
Cirebon ternyata memiliki batu akik khas yang dikenal dengan nama batu akik kembang johar. Dinamakan “kembang johar” karena warnanya mirip dengan tanaman kembang johar yang berwarna kuning.
Batu Akik Kembang Johar ini hanya dapat ditemukan di daerah Cirebon saja, tepatnya di Gunung Jati dan daerah Plagon Sumber. Batu kembang johar termasuk langka karena tidak mudah mendapatkannya karena tanahnya merupakan milik keraton.
Batu kembang johar awalnya banyak dipakai oleh kalangan keraton dan pengusaha sebelum akhirnya menyebar seiring dengan booming batu akik. Batu ini juga sempat menjadi pembicaraan karena dipakai oleh menteri kabinet presiden Joko Widodo yakni Yuddy Chrisnandi
Tingkatan Batu Kembang Johar
Batu akik kembang johar memiliki kualitas yang berbeda-beda tergantung usianya. Semakin tua maka akan semakin mahal bahkan bisa dijual hingga puluhan juta rupiah.
1. Tingkat 1 : batu kembang johar dengan usia muda dengan ciri-ciri batu tembus senter (plong) dengan warna kuning cerah.
2. Tingkat 2 : batu kembang johar yang usianya lebih tua dari tingkat 1 dimana jika disenter sudah mulai pekat alias tidak tembus senter di beberapa bagian batu. Ada perubahan warna yakni kuning yang lebih mencolok warnanya ataupun bercampur dengan warna hijau. Jadi memang berbeda dengan batu bacan yang makin tembus senter makin mahal harganya.
3. Tingkat 3 : batu kembang johar yang usianya lebih tua dari tingkat 2 biasanya makin tidak tembus senter dan warnanya sudah kuning bercampur orange.
4. Tingkat 4 : batu kembang johar yang usianya lebih tua dari tingkat 3, biasanya warnanya sudah mulai banyak orange.
5. Tingkat 5 : batu kembang johar yang usianya sudah sepuh dengan warna menjadi merah orange pekat.
Harga
Batu kembang johar pada tingkatan 1-2 harganya masih berkisar 1-10 juta. Sedangkan tingkatan 3-5 biasanya sudah berharga puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Namun demikian banyak juga yang menjual batu johar tidak berpatokan pada tingkatan batu namun pada kelangkaannya karena biasanya batu ini diwariskan turun temurun dan belum tentu memiliki lagi karena jarang orang yang menjualnya. Masih lebih mudah mendapatkan batu bacan ketimbang batu kembang johar.
Khasiat Batu Kembang Johar
Batu kembang johar konon memiliki khasiat tersendiri karena lokasinya pernah disinggahi walisongo yang bernama sunan gunung jati yang terkenal memiliki karomah atau kesaktian luar biasa. Batu kembang johar dipercaya memiliki tuah atau khasiat untuk kelancaran karir, bisnis dan sebagai media pengasihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar